8 Tanda Anda Mengalami Ketidakseimbangan Hormon dan Cara Mengatasinya

Keseimbangan hormon sangat penting bagi kesehatan. Bebas dari kanker, pikiran yang tenang dan tubuh yang sehat merupakan ciri tubuh dengan tingkat hormon seimbang. Namun keseimbangan tersebut dapat terganggu dengan berbagai macam sebab.

Naik turunnya hormon sering terjadi secara alami, seperti masuknya masa pubertas, menopause dan perimenopause. Ketidakseimbangan hormon juga bisa disebabkan karena toksin juga gaya hidup tidak seimbang yang kurang sehat.

Berikut ini adalah 8 tanda bahwa anda mengalami ketidakseimbangan hormon dan tips/cara untuk mengatasinya, selamat menyimak:

Ciri #1 Anda sulit untuk bangun pagi

Cara mengatasinya:

Coba untuk berhenti meminum kopi dan alkohol selama satu minggu. Selama 7 hari, ganti kopi di pagi hari dengan teh hijau (green tea) dan tidak meminumnya apabila sudah lewat dari jam 3 sore, dan di malam hari jangan minum alkohol sama sekali (bagi yang suka minum-minuman beralkohol).

Ciri pertama anda mengalami ketidakseimbangan hormon
Ciri pertama anda mengalami ketidakseimbangan hormon

Ciri #2 Anda tumbang (mengantuk) setelah makan makanan berkarbohidrat tinggi

Cara mengatasinya:

Coba lakukan makan (diet)  karbohidrat rendah atau kurangi makan makanan berkarbohidrat untuk menyeimbangkan gula darah dan mengendalkan insulin.

Ciri kedua anda mengalami ketidakseimbangan hormon
Ciri kedua anda mengalami ketidakseimbangan hormon

Ciri #3 Ngemil Terus-terusan

Cara mengatasinya:

Jangka pendek: Makan coklat hitam/murni (dark chocolate) yang kadarnya 70% atau lebih setelah makan sore. Di malam hari, siapkan anggur atau berry yang cukup banyak. Solusi jangka panjangnya: lakukan seperti solusi untuk ciri #1 dan ciri #2.

Ciri ketiga anda mengalami ketidakseimbangan hormon

Ciri #4 Perut anda menjadi buncit

Cara mengatasinya:

perut anda jadi buncit, berhenti minum bir (pokoknya berhenti minum segala jenis minuman beralkohol). Sampai semuanya berjalan seperti seharusnya.

Ciri keempat anda mengalami ketidakseimbangan hormon

Ciri #5 Gairah/Libido Rendah

Cara mengatasinya:

Cobalah lebih banyak tidur (7-8 jam sehari) minum lebih sedikit kopi dan minuman beralkohol. Rencanakan waktu untuk lebih banyak  berisirahat agar dapat mengisi ulang (recharge) dan menghidupkan kembali gairah anda.

Ciri kelima anda mengalami ketidakseimbangan hormon

Ciri #6 Berat Badan Meningkat dan Pinggul Membesar

Cara mengatasinya:

Makan makanan berfermentasi seperti sauerkraut, yaitu makanan dari Jerman berupa kubis yang diiris halus dan difermentasi oleh bakteri asam laktat, seperti Leuconostoc, Lactobacillus dan Pediococcus. Contoh makanan lainnya misalnya Kimchi yaitu makanan khas dari Korea berupa sayur-sayuran yang telah difermentasi, kalau makanan khas dari Indonesia misalnya Tauco.

Ciri keenam anda mengalami ketidakseimbangan hormon

Ciri #7 Anda merasa kedinginan, Lelah dan rambut mudah rontok

Cara mengatasinya:

Singkirkan gula, kafein, batasi alkohol dan tidur lebih banyak. Selanjutnya periksa secara menyeluruh kelenjar Tiroid, untuk memastikan apakah ada atau tidaknya pembengkakan pada tiroid.

Ciri ketujuh anda mengalami ketidakseimbangan hormon

Ciri #8 Anda Merasa Kurang Bersemangat/bergairah

Kadar gula  dan insulin yang tinggi meningkatkan resiko akan kurangnya semangat (merasa lemas/tidak bergairah). Cobalah lakukan test kadar gula dalam darah anda dengan melakukan test darah HbA1c, maka hasilnya akan menunjukkan posisi anda sekarang. Apabila lebih tinggi dari 5,2% dari kadar normalnya, lakukan diet rendah karbohidrat agar kadar darah anda dalam tingkat normal yang stabil.

Ciri kedelapan anda mengalami ketidakseimbangan hormon

Juice Segar yang praktis membantu detoxsifikasi tubuh

Sekarang ada Fiforlif, jus segar terbuat dari berbagai bahan bernutrisi, membantu tubuh melakukan detoxifikasi, membuang racun-racun yang mengendap di tubuh dan membantu menyeimbangkan tingkat hormon dalam tubuh anda. 

Keterangan lebih lanjut mengenai fiforlif bisa di klik pada gambar.

Fiforlif Detox Sehat
Fiforlif Juice Segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *