Kebiasaan Penyebab Perenggut Masa Depan (Kesuburan) Pria Dan Cara Pencegahannya

Kebiasaan Penyebab Perenggut Masa Depan (Kesuburan) Pria Dan Cara Pencegahannya

Infertilitas memang tidak melemahkan kemampuan seksual pria, namun merenggut masa depan (kesuburan) untuk memiliki keturunan. Berikut ini beberapa kebiasaan pria yang tanpa disadari dapat menurunkan kesuburan.

1. Merokok

pria sedang merokok
  1. Nikotin yang terdapat pada rokok dapat merusak DNA sperma, jumlah sperma menjadi sedikit dan pergerakannya lambat atau tidak normal. Hal tersebut dapat berakibat menurunnya potensi sperma untuk bisa mencapai sel telur.
  2. Dapat menyebabkan disfungsi ereksi sebab zat-zat kimia dari rokok dapat menghambat sistem peredaran darah menuju ke penis.
  3. Dapat menghambat produksi hormon testosteron, atau hormonnya para pria. Dengan menurunnya hormon testosteron ini dapat menurunkan semangat dan gairah seksual.

2. Memakai Celana Ketat

pria menggunakan celana ketat
  1. Penggunaan celana ketat dalam waku panjang dapat mengakibatkan penurunan jumlah sperma dan pergerakan sperma menjadi tidak sempurna, hal tersebut disebabkan karena dengan memakan celana yang ketat mengakibatkan suhu pada organ vital meningkat, suhu optimal dalam produksi sperma adalah di bawah suhu tubuh, itulah sebabnya kantung testis/skrotum menggantung di luar, oleh sebab itu maka kebiasaan menggunakan celana ketat merupakan hal yang buruk bagi kesuburan pria.
  2. Menghambat aliran darah menuju ke penis, sehingga meningkatkan disfungsi ereksi.

3. Mengkonsumsi Alkohol

minum minuman beralkohol
  1. Alkohol mempunyai dampak yang tidak baik untuk tubuh manusia, diantaranya seperti: kerusakan otak, penyakit jantung, kanker, masalah paru-paru, gangguan hati, masalah perut dan gangguan pencernaan.
  2. Selain efek negatif tersebut di atas, ternyata alkohol dapat mempengaruhi kesuburan pria, menurut penelitian medis konsumsi alkohol dapat mempengaruhi kualitas sperma, baik itu dari bentuk tidak normal, pergerakan maupun jumlahnya. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi maka semakin buruk kualitas sperma.

4. Olahraga Berlebihan

  1. Olahraga berlebihan dalam jangka panjang dapat mengurangi jumlah sperma dan menurunkan potensi reproduksi seseorang. Selain itu olahraga berlebihan dapat meningkatkan hormon kortisol yang disebabkan oleh stress pada tubuh, dan menurunkan hormon testosteron sehingga mengakibatkan turunnya gairah seksual.

5. Memangku Laptop

pria sering memangku laptop

Panas dari laptop yang sering disimpan di pangkuan dapat menurunkan motilitas atau pergerakan sperma, pergerakan sperma yang lambat atau kurang baik menyebabkan sperma kesulitan pergerakannya menuju ovum atau sel telur.

6. Sering Sauna atau Berendam Air Panas

jangan berendam di air panas terlalu lama

Sering berendam dalam air panas atau bersantai di sauna dapat mempengaruhi kesuburan pria, hal ini disebabkan suhu panas dapat menghambat produksi sel-sel sperma di testis, suhu optimal pembentukan sel sperma adalah 2 derajat di bawah suhu tubuh.

7. Menggunakan obat anabolik steroid

anabolik steroid

Anabolik steroid digunakan untuk untuk meningkatkan performa tubuh, terutama mereka yang suka binaraga, namun ada efek sampingnya yaitu tubuh jadi tidak memproduksi hormon testosteron sendiri, sehingga menjadi ketergantungan asupan dari luar tubuh, testis jadi mengecil sehingga tidak dapat memproduksi sel-sel sperma.

8. Stress pekerjaan dan sosial

stress pekerjaan dan sosial

Pria yang mengalami stress jumlah sel-sel spermanya cenderung lebih sedikit, sehingga menurunkan tingkat kesuburan. Juga stress pada pria maupun wanita dapat mengakibatkan kurangnya gairah untuk berhubungan intim dengan pasangannya.

9. Terkena paparan radiasi

Radiasi disini lebih tertuju pada radiasi telepon genggam atau ponsel. Pria yang membawa ponselnya di kantong celana bagian depan memiliki sperma yang lebih lambat dalam berenang dan lebih sedikit jumlahnya.

10. Polusi kimia logam

Studi terkini menunjukkan, polusi udara bisa meningkatkan resiko kemandulan atau penurunan kualitas sperma. Kualitas sperma sangat berhubungan dengan fertilitas. Pria tanpa atau dengan sedikit sperma yang bergerak, tidak bisa membuahi ovum/sel telur.

Berikut ini Cara Pencegahannya

1. Konsultasi dengan dokter

Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai kesuburan, atau melakukan test kesuburan.

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok apabila anda perokok atau jangan pernah memulainya bila anda bukan perokok. Banyak keuntungan dengan berhenti merokok baik itu dari sisi ekonomi, terutama alasan kesehatan umum seperti mencegah serangan jantung, stroke, penyakit paru-paru, dalam bahasan ini khususnya mencegah resiko menurunnya kesuburan (fertilitas).

3. Tidak duduk berlama-lama

tidak duduk berlama lama

Duduk berlama-lama dapat meningkatkan suhu di area testis dan dapat menghambat asupan darah yang membawa nutrisi dan oksigen menuju area tersebut.

4. Kenakan celana berbahan sejuk dan tidak ketat

Celana berbahan sejuk dapat mengurangi resiko panas berlebih pada area organ vital pria dan ukuran yang pas atau tidak ketat dapat mengurangi resiko aliran darah terhambat.

5. Hindari memasukkan ponsel/gadget ke dalam celana

jangan memasukkan hp ke dalam celana

Dengan tidak memasukkan ponsel maupun gadget lain ke dalam saku celana dapat mengurangi paparan radiasi di sekitar organ vital pria.

6. Kenakan masker saat berkendara atau berada di tempat berpolusi

Dengan menggunakan masker dapat menurunkan resiko terpapar polusi dari udara yang dapat meningkatkan resiko ketidak suburan (infertilitas).

Demikianlah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pria yang pada akhirnya dapat berdampak pada penurunan kesuburan pria dewasa, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Kombinasi Luar Biasa dari ABE

Foredi, membantu keperkasaan pria dewasa (klik pada gambar untuk informasi)

Gasa Oil For Men, membantu meningkatkan kepercayaan diri para pria dewasa (klik pada gambar untuk informasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *