Strike Back – Lawan Balik Stroke

Strike Back – Lawan Balik Stroke

Serangan stroke dapat terjadi pada siapa saja pada usia berapapun, dan dapat berakibat merusak. Mari kita lihat penyebab, gejala-gejala dan bagaimana harapannya untuk pulih.

strike back stroke - lawan balik stroke

Berikut ini adalah kisah nyata yang terjadi di Inggris: Pada bulan Juni tahun 2017, Jean Fray menyaksikan dengan bangga bahwa anak perempuannya bernama Marcia menikah, setelah upacara pernikahan, ia merasa tidak enak badan, dan sesaat kemudian ia kehilangan kesadarannya. Lalu ia di bawa ke sebuah rumah sakit di Bristol, di sana dipastikan bahwa ia mengalami pendarahan otak. Anak-anak Jean yaitu Marvin, Marcia dan Bethany juga ayah mereka Les, diberitahukan berita yang meremukkan hati mereka bahwa Jean kemungkinan tidak dapat pulih. Dengan masih mengenakan busana pesta pernikahan mereka, keluarga tersebut menemani Jean di sampingnya sampai akhirnya ia meninggal dunia.

Jean, seorang guru Sekolah Dasar berusia 60 tahun, sebelumnya dalam keadaan sehat dan bugar, dan kelihatannya baik-baik saja di pagi pada hari pernikahan anaknya. Ia merupakan salah satu dari 100 ribu korban serangan stroke setiap tahunnya di Inggris. Tiga minggu kemudian, Ibunya Jean bernama Audrey, juga meninggal akibat stroke.

Marvin, Marcia dan Bethany sekarang mengkampanyekan kesadaran akan bahaya stroke atas nama Asosiasi Stroke di Inggris.

Kami telah mengalami bahwa stroke dapat terjadi pada setiap orang setiap waktu, stroke merupakan pengubah hidup bagi yang selamat dan keluarganya, begitu pula bagi yang ditinggalkannya.

Gejala-Gejala Peringatan

Apa stroke itu? bagaimana tanda-tanda peringatannya, apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya dan bagaimana peluang untuk pulih kembali bila itu terjadi?

Serangan stroke terjadi ketika asupan darah menuju bagian-bagian otak terputus. Seperti halnya organ-organ lainnya, otak memerlukan oksigen dan nutrisi yang dibawakan oleh darah untuk dapat berfungsi dengan baik. Jika asupan darah tertahan atau terhenti, maka sel-sel otak akan mati. Hal ini dapat memicu kerusakan otak, kecacatan dan kemungkinan kematian.

Terdapat dua jenis stroke yang utama, yaitu: ischaemic, dimana asupan darah terhenti karena adanya gumpalan yang menyumbat darah, merupakan 85 persen dari kasus yang terjadi; dan haemorrhagic, dimana suatu pembuluh darah yang menyuplai darah pecah.

Terdapat suatu kondisi yang berhubungan dikenal dengan “Transient Ischaemic Attack” (TIA), supplai darah menuju otak terhambat sementara. Hal ini menyebabkan apa yang dikenal dengan “stroke kecil”, terkadang berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam.

TIA seharusnya ditangani secepatnya, karena itu merupakan suatu tanda peringatan bahwa anda memiliki resiko terjadinya stroke penuh dalam waktu dekat. Carilah petunjuk medis sesegera mungkin, bahkan jika gejala-gejala tersebut menghilang.

Semua stroke adalah darurat medis, dan penanganan segera sangat diperlukan. Semakin sepat penanganan dilakukan, maka kerusakan yang ditimbulkan dapat ditekan sekecil mungkin. Jika anda mencurigai bahwa anda orang lain mengalami stroke segera bawa ke dokter atau rumah sakit.

Gejala-Gejala Stroke

gejala-gejala stroke
pelajari gejala-gejala stroke

Gejala-gejala stroke dapat diingat dengan sebuah akronim F.A.S.T:

  • Face (wajah) – Wajah mungkin turun pada salah satu sisi saja, orang tersebut kemungkinan tidak dapat tersenyum, mulut atau mata bisa turun.
  • Arms (lengan) – Orang tersebut mungkin tidak dapat mengangkat atau merentangkan kedua tangannya karena lemah atau kebas pada salah satu tangan.
  • Speech (ucapan) – ucapan atau kata-kata kabur atau tidak jelas bahkan mungkin tidak bisa bicara sama sekali meskipun dalam keadaan sadar.
  • Time (waktu) – sesegera mungkin minta bantuan atau bawa ke UGD jika anda melihan gejala-gejala ini.

Pada beberapa kondisi meningkatkan resiko mengalami stroke, diantaranya:

  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Tingkat kolesterol tinggi
  • Atrial fibrillation (jantung berdetak lebih cepat dari biasanya)
  • Mengalami diabetes

Penanganan dan Pemulihan

Penanganan stroke tergantung pada tipe dan bagian otak mana yang terdampak. Penanganan awal biasanya berupa pengobatan, termasuk anticoagulant (anti penggumpalan) untuk mengencerkan dan mencegah penyumbatan darah, pengobatan untuk menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol.

Pada beberapa kasus, prosedur pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkan penyumbatan darah, menangani pembengkakan otak dan mengurangi resiko pendarahan lebih jauh pada kasus “haemorrhgic strokes” atau stroke pendarahan.

Suatu fakta yang menyedihkan bahwa banyak orang yang selamat dari serangan stroke meniggalkan masalah-masalah jangka panjang yang disebabkan kerusakan pada otaknya. Beberapa orang memerlukan waktu rehabilitasi yang panjang sebelum mereka dapat mandiri seperti sebelumnya, namun banyak orang yang tidak pernah bisa pulih sepenuhnya dan membutuhkan dukungan untuk menyesuaikan hidupnya dengan efek akibat serangan stroke tersebut.

Bantuan diperlukan bagi orang yang sedang dalam masa pemulihan akibat stroke untuk belajar atau mempelajari kembali keahlian-keahlian yang diperlukan untuk dapat hidup mandiri sehari-hari di rumah.

Beberapa orang akan menjadi tergantung pada beberapa bentuk pertolongan untuk aktivitas hariannya, seperti membersihkan badan dan berpakaian atau untuk menemani kesehariannya.

Infuenza merupakan tife infeksi yang dapat berakibat sangat serius jika anda sedang dalam masa pemulihan akibat stroke, maka pastikan untuk mendapatkan vaksin flu.

pemulihan pasca stroke
pemulihan pasca stroke

Pencegahan

Anda dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke secara signifikan dengan melakukan gaya hidup sehat, dan ingatlah bahwa stroe tidak hanya menyerang orang dewasa. Di Inggris, sekitar 400 anak terkena stroke setiap tahunnya, menurut “The Stroke Association”.

Kurangi Resiko Stroke, Dengan cara:

  • Makan makanan sehat dan melakukan aktivitas olah raga secara teratur
  • Tidak atau kurangi minuman beralkohol
  • Tidak merokok
  • Aturlah kondisi seperti tekanan darah dan tingkat kolesterol pada tingkatan yang disarankan.

Jika anda atau keluarga anda pernah mengalami serangan TIA atau stroke kecil di masa lampau, hal ini merupakan petunjuk penting karena menunjukkan adanya resiko yang lebih besar bahwa anda akan terkena stroke lagi.

Anak-anak Jean Frey di awal tadi, melakukan penggalangan dana untuk melawan stroke untuk mengenang ibu mereka, dengan dukungan dari keluarga dan sahabat juga rekan-rekannya telah mengumpulkan lebih dari 3o.000 poundsterling atau sekitar 540 juta rupiah untuk “the Stroke Association”.

Marcia mengatakan: “kami ingin membantu penderita stroke yang selamat dan keluarga mereka, dan untuk mendanai penelitan tentang stroke. Kami juga ingin meningkatkan kesadaran tentang stroke dan faktor-faktor  penyebabnya karena hal ini kurang dibahas sebanyak pada penyakit lainnya, padahal stroke mengakibatkan kerusakan besar pada kehidupan orang-orang.”

pencegahan stroke
pencegahan mengurangi resiko stroke

Sumber: Dear Doctor with Dr Chris Stelle

Kini Tersedia Hirvero dari ABE

Hirvero adalah obat tetes cair. Disebut juga jamu tetes cair, dan masuk ke dalam kategori obat herbal, karena komposisinya terdiri atas beberapa ekstrak tumbuhan alami. Salah satu herbal terbaik dari PT. ABE ini adalah sebagai jawaban atau solusi yang bermanfaat memelihara kesehatan seluruh keluarga.

Dapat juga digunakan sebagai upaya mencegah meningkatnya resiko terkena stroke, karena dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh. Klik di sini  atau gambar di bawah untuk informasinya

hirvero-mencegah lebih baik daripada mengobati
Hirvero herbal tetes alami

“Pencegahan lebih baik dilakukan daripada mengobati penyakit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *