Tips Awet Muda, Inilah 9 Makanan Penunda Penuaan Dini

Tips Awet Muda, Inilah 9 Makanan Penunda Penuaan Dini

Siapa sih yang gak mau mencegah atau menunda penuaan? semua orang ingin memiliki umur panjang, bahagia dan kehidupan yang positif. Kabar baiknya ada suatu cara sederhana agar berumur panjang (tetap sehat) yaitu dengan membuat pilihan cara hidup yang tepat. 

Asupan makanan anda cotohnya, dapat membantu menunda penuaan dini dan menyediakan tubuh anda energi, kekuatan dan kesehatan yang baik. Namun makanan terbaik apa untuk dimakan? inilah beberapa makanan yang perlu anda masukkan ke dalam diet anda setiap harinya.

Inilah 9 makanan penunda penuaan dini:

“Diet anda ibaratnya suatu rekening di bank. Pilihan makanan yang bagus adalah  Investasi yang bagus”. – Bethenny Frankel

  1. Tomat

Tomat Segar

Tomat merupakan antioksidan yang mengandung lycopene, yang membantu mencegah berbagai macam kondisi yang menyebabkan penuaan pada kulit. Antioksidan menghilangkan radikal bebas ang menyebabkan perkembangan keriput. 

Jika anda suka bepergian keluar, tomat sangat baik dalam melindungi kulit dari sinar ultra violet berbahaya yang digunakan bersamaan dengan penggunakan krim anti sinar matahari. Menurut penelitian yang di jabarkan dalam British Journal of Dermatology, Para peneliti mempelajari bahwa wanita yang memasukkan tomat ke dalam salad nya setiap hari, memiliki tingkat prosentase 33 persen lebih tinggi kadar procollagen yang menghasilkan kulit yang bagus.

2. Alpukat

alpukat

Alpukat mengandung minyak nabati yang mengandung banyak vitamin. Vitamin-vitamin ini membantu memberikan nutrisi dan peremajaan kulit. Keuntungan alpukat sebagai anti penuaan telah didokumentasikan dalam berbagai macam studi. 

Buah ini mengandung carotenoid, lutein dan phytochemical (zat-zat kimia yang berasal dari tumbuhan) yang bekerja untuk memperlambat penuaan dan mengurangi resiko osteoarthritis dan perkembangan kanker.

3. Wortel

wortel segar

Wortel kaya akan nutisi seperti vitamin A dan beta-karotin yang meningkatkan perbaikan kulit, mencegah keriput dan menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh.

Nutrisi-nutrisi ini juga mencegah macular degeneration (suatu kondisi yang dapat menyebabkan kebutaan) yang mempengaruhi penglihatan. 

Wortel juga mengandung vitamin B yang melindungi otot dan membran mukus (lapisan kulit dalam). Para dokter menyarankan untuk mengkonsumsi sebatang wortel per hari untuk hasil terbaik. Wortel bisa dimakan mentah, dipotong-potong, direbus atau dihaluskan.

4. Nanas

buah nanas

Buah nanas mengandung bromelain yang membantu tubuh menyerap dan menguraikan protein. Saat kita menua, maka tubuh akan bertambah sulit untuk menyerap protein, dengan memakan sepotong buah nanas dua atau tiga kali seminggu dapat bermanfaat.

Buah nanas berasal dari daerah tropis yang rasanya manis juga sekaligus asam, memiliki kalori yang rendah namun kaya akan vitamin C dan vitamin A, mengurangi peradangan pada otot dan mengurangi nyeri pada persendian. Semangkuk kecil buah segar ini juga mengandung 70 persen vitamin C harian yang direkomendasikan

5. Kacang-Kacangan

kacang-kacangan

Kacang almond, kacang Brazil dan kacang kenari sangat bagus untuk kesehatan anti penuaan. Makanan ini mengandung bahan-bahan anti peradangan.

Peradangan merupakan sisi negatif dari penuaan, dimana dapat menyebabkan perkembangan penyakit-penyakit kronis sperti nyeri persendian, kanker, diabetes, penyakit jantung dan juga penurunan mental.

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam kacang-kacangan juga merangsang pertumbuhan rambut untuk mencegah kerontokan rambut. Kacang-kacangan memiliki nutrisi-nutrisi dan lemak baik yang meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, menurunkan tekanan darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanlah segenggam kacang mentah per harinya sebagai camilan, atau anda dapat menambahkanya sebagai bahan makanan penutup (desserts).

6. Buah Beri

buah berry

Stroberri, blueberry dan ceri-cerian kandungan yang tinggi akan vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, antioksidan, anthocyanins dan mangan.

Buah-buahan ini membantu meningkatkan kekuatan tulang, yang menurun dengan tajam saat kita menua.

Buah-buahan ini juga mengandung zat-zat yag membantu pencernaan, kulit yang sehat dan mental kognisi (daya pikir). Tambahkan buah berri ke dalam pancake, smooties, sereal atau oateal untuk sarapan, atau makanlah buah berri segar sebagai camilan atau makanan penutup (desserts). Semangkuk buah berri, sekitar 114 gr per harinya cukup ideal.

7. Salmon

daging ikan salmon

Ikan Salmon asam lemak omega 3 yang mengurangi peradangan pada tubuh. Ikan salmon juga mengandung astaxathin, yaitu suatu jenis antioksidan yang meninatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya ingat, kemampuan memecahkan permasalahan dan fungsi saraf.

Daging salmon bakar, asap, dipanggang atau direbus sebagai penggugah selera makan dan juga merupakan makanan yang bergizi. 

Anda bahkan dapat membuatnya sebagai makanan untuk sarapan bersama dengan alpukat yang dilembutkan, blueberri dan yoghurt.

8. Minyak Zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitu merupakan bagian besar dari makanan dari Mediterrania, yang merupakan salah satu makanan terbaik dan tersehat. Manfaat anti penuaan dari minyak zaitu telah diuraikan dalam sebuah studi pada “The Journal Lipids in Health and Disease”.

Minyak zaitun melindungi tubuh melawan penyakit-penyakit seperti kanker, demensia, dan berbagai jenis masalah pada jantung.

Namun sebaiknya, batasi penggunaan minyak zaitun untuk memasak karena sensitif terhadap panas. Kandungan yang bermanfaatnya dapat terurai saat dimasak, jadi untuk manfaat terbaik gunakan minyak zaitun untuk salad atau sandwich. Para ahli nutrisi menyarankan tiga sendok makan minyak zaitun setiap harinya.

9. Buah Anggur

buah anggur

Buah anggur dikenal dapat memicu kita berpikir positif dan mood yang positif yang membantu anda merasa muda, menurut sebuah studi dalam “Journal of Consumer Research”. Buah ini juga mengandung zat-zat polyphenolic yang dapat memperlambat perkembangan neurodegenerative desease atau penurunan fungsi saraf dan meningkatkan fungsi kognitif (kemampuan untuk berpikir secara optimal) pada usia dewasa.

Anggur mengandung resveratol yang dapat mempertajam daya ingat. Minumlah sarinya seperti di jus atau dimakan mentah sebagai camilan atau makanan penutup (dessert).

Kesimpulannya:

Ketika makanan memberikan nutrisi untuk kesehatan fisik dan mental, membuat pilihan yang baik atas apa yang dimakan dapat berakibat pada kesehatan dan kesegaran anda dalam waktu panjang.

sumber: www.powerofpositivity.com

gambar: www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *